merawat jaket motor berbagai bahan
2 posters
Halaman 1 dari 1
merawat jaket motor berbagai bahan
Perawatan Jaket, Beda Bahan Beda
Perlakuan
Musim hujan sudah datang. Buat
pengendara, cuaca seperti sekarang ini
pasti butuh kegiatan ekstra. Maklum,
guyuran air dari langit sering datang tiba-
tiba. Kalo nggak ada persiapan, jaket yang
setia melindungi di kala panas atau tidak
hujan jadi lain urusan. Persiapan
membawa jas hujan nggak selalu, juga
nggak menjamin jaket bebas dari basah.
Perawatan jaket jadi mutlak dilakukan.
Kalau dibiarkan begitu saja, jaket jadi
gampang rusak. Terlebih lagi di kondisi
cuaca yang nggak menentu dapat
mempengaruhi kelembaban udara. Ujung-
ujungnya tentu berpengaruh ke soal
perawatan. Beda bahan lain pula di cara
perawatan. Yuk kita simak satu per satu
trik merawat pelindung bandan
pengendara itu. Terutama di teknik dan
cara membersihkan atau mencuci jaket.
Tentu biar jaket tetap segar dan nggak
bikin kulit lembab.
Kulit
Di antara jaket pengendara, bahan kulit
paling gampang dirawat. "Cukup dilap
kain. Sebaiknya jangan pakai bahan kimia
yang bisa merusak kulit," pesan Yudan dari
Joker Leather, produsen jaket kulit di Jl.
Raya Bogor, Km. 20, Kramatjati, Jakarta
Timur.
Kalau kehujanan cukup digantung dan
diangin-anginkan.
Semikulit
Perawatan bahan semikulit hampir mirip
dengan jaket bahan kulit. Jauhkan dari
bahan kimia yang malh bisa merusak
bahan. Walau semi, kalau terkena bahan
kimia, bisa pecah-pecah, atau kaku. Jangan
dicuci, cukup diangin-angin. Kalau ada
kotoran yang sulit bisa gosok pakai lap
basah.
Nilon
Perawatan jaket nilon bisa dicuci, tapi
jangan masuk mesin cuci. "Lebih baik
dicuci tangan. Bisa disikat. Tapi nggak perlu
terlalu keras. Sebab kalau terlalu keras,
serat jaket mudah rusak. Jadi berbulu,"
pesan Asep ‘Juragan’ Hendro, dari AHRS
Racing Product di Jl. Tole Iskandar, No.
162, Depok, Jawa Barat.
Katun
Bahan katun banyak macamnya. Katun
tipis sampai tebal. Bahan ini paling
gampang dirawat. Dicuci bisa masuk mesin
cuci atau juga dikucek biasa. Boleh juga
sedikit disikat. Yang penting perhatikan
kekuatan katun biar nggak gampang
berbulu.
Goretex
Jaket dangan bahan goretex, saat ini
memang paling banyak diminati
pengendara. Apalagi untuk dipakai turing.
Ketika mencuci jaket berbahan goretex
nggak perlu pakai sikat. Cukup dikucek
pada bagian yang dianggap kotor. "Goretex
kualitas rendah sekali sikat bisa langsung
berbulu," pesan Asep Hendro.
(motorplus-online.com)
Perlakuan
Musim hujan sudah datang. Buat
pengendara, cuaca seperti sekarang ini
pasti butuh kegiatan ekstra. Maklum,
guyuran air dari langit sering datang tiba-
tiba. Kalo nggak ada persiapan, jaket yang
setia melindungi di kala panas atau tidak
hujan jadi lain urusan. Persiapan
membawa jas hujan nggak selalu, juga
nggak menjamin jaket bebas dari basah.
Perawatan jaket jadi mutlak dilakukan.
Kalau dibiarkan begitu saja, jaket jadi
gampang rusak. Terlebih lagi di kondisi
cuaca yang nggak menentu dapat
mempengaruhi kelembaban udara. Ujung-
ujungnya tentu berpengaruh ke soal
perawatan. Beda bahan lain pula di cara
perawatan. Yuk kita simak satu per satu
trik merawat pelindung bandan
pengendara itu. Terutama di teknik dan
cara membersihkan atau mencuci jaket.
Tentu biar jaket tetap segar dan nggak
bikin kulit lembab.
Kulit
Di antara jaket pengendara, bahan kulit
paling gampang dirawat. "Cukup dilap
kain. Sebaiknya jangan pakai bahan kimia
yang bisa merusak kulit," pesan Yudan dari
Joker Leather, produsen jaket kulit di Jl.
Raya Bogor, Km. 20, Kramatjati, Jakarta
Timur.
Kalau kehujanan cukup digantung dan
diangin-anginkan.
Semikulit
Perawatan bahan semikulit hampir mirip
dengan jaket bahan kulit. Jauhkan dari
bahan kimia yang malh bisa merusak
bahan. Walau semi, kalau terkena bahan
kimia, bisa pecah-pecah, atau kaku. Jangan
dicuci, cukup diangin-angin. Kalau ada
kotoran yang sulit bisa gosok pakai lap
basah.
Nilon
Perawatan jaket nilon bisa dicuci, tapi
jangan masuk mesin cuci. "Lebih baik
dicuci tangan. Bisa disikat. Tapi nggak perlu
terlalu keras. Sebab kalau terlalu keras,
serat jaket mudah rusak. Jadi berbulu,"
pesan Asep ‘Juragan’ Hendro, dari AHRS
Racing Product di Jl. Tole Iskandar, No.
162, Depok, Jawa Barat.
Katun
Bahan katun banyak macamnya. Katun
tipis sampai tebal. Bahan ini paling
gampang dirawat. Dicuci bisa masuk mesin
cuci atau juga dikucek biasa. Boleh juga
sedikit disikat. Yang penting perhatikan
kekuatan katun biar nggak gampang
berbulu.
Goretex
Jaket dangan bahan goretex, saat ini
memang paling banyak diminati
pengendara. Apalagi untuk dipakai turing.
Ketika mencuci jaket berbahan goretex
nggak perlu pakai sikat. Cukup dikucek
pada bagian yang dianggap kotor. "Goretex
kualitas rendah sekali sikat bisa langsung
berbulu," pesan Asep Hendro.
(motorplus-online.com)
superarga- Posts : 9
Points : 22750
Reputation : 3
Join date : 14.11.11
Age : 45
Location : yogyakarta
Re: merawat jaket motor berbagai bahan
Jakete JoZXy ora muat, kekecilan. ada yg bisa permak gak ya?
wsandhi- Posts : 11
Points : 22746
Reputation : 3
Join date : 14.11.11
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
Thu May 07, 2015 7:32 pm by satriadafit
» Jual SparePart Kawasaki ZX 130
Thu May 07, 2015 7:28 pm by satriadafit
» salam kenal
Fri Apr 17, 2015 2:01 pm by aburizq
» salam kenal
Fri Apr 17, 2015 2:00 pm by aburizq
» joZXy - Jogja Zx130 Community
Mon Jun 09, 2014 11:28 am by Rama ZX Jogja
» Nyaris di bobol maling !!!
Wed Mar 05, 2014 1:46 pm by ahmadalan
» D 130 DA, ngumpul yukkkk
Wed Mar 05, 2014 1:22 pm by ahmadalan
» Data Rider ZX-130 Worldwide... INTRODUCE YOURSELF HERE!
Wed Mar 05, 2014 1:18 pm by ahmadalan
» Daftar Part Kanibal Buat ZX130
Tue Feb 11, 2014 5:22 pm by kian2007